Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Specialist


Di Era digital yang semakin berkembang ini, profesi pekerjaan pun menjadi lebih beragam. Salah satunya sebagai Social Media Specialist. Bagi sebagian orang melihat profesi ini hanya memiliki tanggungjawab untuk “mengurusi” akun-akun sosial media yang dimiliki perusahaan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, atau Google+. Sebagian juga hanya memahami bahwa profesi ini hanya bekerja mengupload gambar, tulisan, iklan, merespon komentar semata. Padahal jika kita menilik lebih jauh, profesi ini sangat menggiurkan dan tentu saja tanggungjawabnya tidak hanya seputar mengupload maupun merespon komentar.
Menjadi seorang social media specialist memiliki tanggung jawab sebagai berikut :
  • Terus mengupdate informasi yang mengalir tentang tren terbaru
  • Melakukan pengecekan tentang kompetitor anda, lantas mengevaluasi apakah anda telah melakukan hal yang benar untuk kemajuan perusahaan/bisnis
  • Membentuk personal connection dengan audience atau klien anda
  • Melakukan tracking dengan me-mention akun orang-orang/klien/brand lain serta layanan customer service dengan merespon komentar dan menjawab pertanyaan, selain itu juga siap menghadapi komplain/respon tak enak dari oranglain terhadap brand anda dan anda berkewajiban mengklarifikasinya dengan baik.
  • Rutin mengecek dan melakukan perbaikan konten
  • Membangun komunitas
  • Meningkatkan advocacy brand anda melalui word of mouth marketing
  • Meningkatkan trust dan kredibilitas di mata komunitas
  • Gunakan juga social media untuk sales/marketing
  • Serta adanya benefit melalui SEO
Share on Google Plus

About Klanceng WaIbo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar